Cara Membersihkan Sepatu (Kulit, Kanvas, Kulit Domba dll)

5 (100%) 6 votes

Tangalive.com – Cara Membersihkan Sepatu dengan jenis bahan yang berbeda Kulit, Kanvas, Kulit Domba juga berbeda dalam perawatannya. Berikut cara yang tepat untuk membersihkan sepatu anda dengan cepat dan tidak membuat pudar warna.

  1. Sepatu kulit

Cara membersihkan sepatu sebagian besar tergantung pada materi mereka. Untuk sepatu kulit, bersihkan puing-puing dengan menyeka larutan air dengan bagian yang sama dan cuka putih di atas noda. Setelah sepatu Anda kering, gosok dengan kain lembut. Buff menghambur pergi dengan kain basah yang dicelupkan ke baking soda. Bersihkan sepatu Anda, lalu gosok sekali lagi setelah kering.

  1. Sepatu kulit paten

Jika sepatu berhak paten atau hak paten Anda memiliki bekas yang tidak sedap dipandang, gosokkan jeli petroleum ke dalam lidi dengan menggunakan kapas. Jika semua yang mereka butuhkan adalah sedikit bersinar, spritz pada beberapa pembersih kaca untuk kilau seperti baru.

  1. Sepatu shoedes

Bekerja di satu arah, gunakan sikat kuku atau sikat semak untuk mengusir noda dengan lembut. Setelah permukaan tanah hilang, tambahkan tekanan dan bolak balik dengan sikat untuk bekerja pada noda yang dalam. Jika perlu, tindak lanjuti dengan menggosok keras dengan penghapus putih. Anda juga bisa menggunakan kikir kuku. Untuk noda yang benar-benar keras kepala, gunakan kain lap putih untuk menggosok cuka putih atau alkohol untuk menyerang tempat, atau gunakan seluruhnya untuk mencerahkan suede. (Jangan khawatir — mereka tidak akan meninggalkan bekas air.) Jangan lewatkan trik jenius ini untuk membuat sepatu Anda bertahan lebih lama.

  1. Sepatu bot kulit domba

Menggunakan sikat kuku atau sikat, dengan lembut bersihkan kotoran dari luar bagasi Anda. Kemudian ambil penghapus putih untuk menghapus noda yang membandel. Sekarang, bersihkan bagian luar sepatu dengan kain basah — jika terlalu basah, Anda bisa merusak materi. Menggunakan larutan air dingin dan cuka suling dalam jumlah yang sama, dengan lembut bekerja di area yang membutuhkan pembersihan tempat. Akhiri dengan mengelap larutan dengan kain lembab, lalu isikan sepatu bot Anda dengan koran agar mereka tetap bentuk saat mengering.

  1. Sepatu kanvas

Mulailah dengan menyeka kotoran dari slip-on kanvas dan sepatu kets dengan sikat gigi yang bersih. Kemudian, gunakan sikat gigi itu untuk menggosok pasta yang terbuat dari baking soda dan air yang sama ke dalam sol sepatu. Selanjutnya, jalankan siklus lembut mesin cuci Anda dengan air dingin, tambahkan sekitar setengah jumlah deterjen yang biasanya Anda gunakan saat mesin setengah penuh. Setelah tiga perempat penuh, masukkan sepatu Anda. Biarkan mereka mengering — menggunakan pengering atau ventilasi dapat mengecilkan sepatu Anda. Berikut ini detail lebih lanjut tentang cara membersihkan sepatu, dan produk lainnya, di mesin cuci.

  1. Sepatu lari

Bersihkan kotoran dengan sikat gigi, lalu bersihkan sikat Anda. Celupkan ke dalam satu sendok teh deterjen yang dicampur dengan secangkir air. Gunakan solusi pada bidang kain, mesh, dan karet, tetapi jangan gunakan pada busa atau kulit. Gunakan spons basah untuk menyeka busa. Segarkan kembali tali Anda dengan mengoleskan noda dengan setetes deterjen, lalu lemparkan ke dalam kantong makanan saat Anda sedang mencuci pakaian. Bersihkan area di sekitar mereka sebelum mengistirahatkan sepatu Anda.

  1. Sepatu kets putih

Ingin tahu cara membersihkan sepatu yang terus kotor? Oleskan sedikit penghapus cat kuku atau cuka ke bola kapas, kemudian gunakan untuk menghapus noda dari sepatu putih. Jika Anda perlu menggunakan pemutih, pastikan untuk melarutkannya terlebih dahulu sehingga Anda tidak akan berakhir dengan sepatu yang berubah warna. Gunakan sikat gigi untuk menggosok tendangan Anda dengan larutan satu bagian pemutih hingga lima bagian air. Akhiri dengan berkumur dengan air hangat.

  1. Sandal jepit

Jika sandal karet Anda berbau kurang segar setelah perjalanan pantai, mulailah dengan menggunakan air hangat di atasnya. Taburkan sandal basah dengan baking soda, lalu biarkan mereka duduk selama setidaknya lima menit sebelum menggunakan sikat gigi tua yang lembut untuk menggosoknya. Anda juga dapat membiarkan mesin cuci Anda melakukan pekerjaan kotor. Gunakan hanya sedikit deterjen dan secangkir cuka saat mereka berjalan melalui pengaturan yang dingin. Lihat mitos pembersihan ini yang Anda butuhkan untuk berhenti percaya.