Cara Mengolah Buah Mengkudu

Rate this post

Cara Menggunakan Buah Mengkudu – Buah-buahan mengkudu berasal dari semak cemara tropis.

  1. Apa itu Mengkudu Baik untuk Kesehatan?

Buah semak yang disebut tanaman mengkudu (Morinda citrifolia) telah menjadi bagian dari jamu selama ribuan tahun. Berasal dari Kepulauan Polinesia, Asia Tenggara, dan Australia, mengkudu menghasilkan buah kecil, berwarna kuning kehijauan, bergelombang.

Anda dapat menggunakan buah mengkudu dengan beberapa cara, termasuk menekannya menjadi jus atau mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen. Daging mengkudu mengandung beberapa senyawa dengan manfaat kesehatan yang mungkin, tetapi Anda harus mendiskusikan ini dengan dokter Anda untuk memutuskan apakah mengkonsumsi mengkudu mungkin bermanfaat untuk situasi Anda.

  1. Membuat Jus Mengkudu

Buah mengkudu segar mungkin tersedia di toko khusus, tetapi seluruh buah biasanya tidak dikonsumsi karena mengandung banyak biji dan memiliki daging dengan bau yang aneh, sedikit tidak enak. Anda dapat menekan buah mengkudu menjadi jus, baik dengan juicer atau dengan meremas buah matang melalui kain tipis.

Rasa hambar dari jus mengkudu dapat ditingkatkan dengan mencampurnya dengan jus lainnya, seperti jus anggur atau peach, atau dengan menambahkan sirup raspberry atau sirup stroberi ke jus segar. Jus mengkudu dan jus campuran yang mengandung mengkudu juga tersedia dalam kaleng atau botol di toko makanan kesehatan.

Gunakan jus mengkudu olahan dengan hati-hati jika Anda penderita diabetes, karena beberapa produk mungkin mengandung tambahan gula.

  1. Suplemen Mengkudu

Suplemen buah mengkudu tersedia di toko makanan kesehatan, baik sebagai ekstrak cair atau sebagai bubuk kering dalam kapsul atau tablet. Tidak dianjurkan dosis harian suplemen mengkudu yang telah ditetapkan, tetapi 500 miligram ekstrak setiap hari dianggap aman dan tidak beracun untuk orang dewasa yang sehat.

Keamanan suplemen mengkudu selama kehamilan atau menyusui belum ditetapkan, dan mengkudu tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan penyakit ginjal karena kandungan potassiumnya yang tinggi, yang dapat menempatkan stres pada ginjal.

  1. Mengurangi Peradangan dan Nyeri

Jika Anda memiliki atau berisiko mengalami kondisi peradangan yang menyakitkan seperti radang sendi, penelitian laboratorium menunjukkan bahwa mengonsumsi jus atau suplemen mengkudu dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam “Phytotherapy Research” menemukan bahwa hewan laboratorium yang diberi air mengandung pure daging mengkudu menunjukkan sensitivitas nyeri berkurang, dibandingkan dengan kelompok yang hanya minum air biasa.

Dalam studi yang sama, sel kekebalan tubuh manusia yang disebut monosit melepaskan kurang dari faktor yang terkait dengan peradangan saat terkena ekstrak mengkudu daripada sel kontrol. Sementara hasilnya menjanjikan, studi laboratorium ini masih membutuhkan konfirmasi dalam uji coba efek mengkudu pada subyek manusia.

  1. Berpotensi Mencegah Kanker

Buah mengkudu mengandung beberapa senyawa antioksidan yang mungkin memiliki efek anti-tumor, menurut Memorial Sloan-Kettering Cancer Centre. Antioksidan membantu tubuh melepaskan diri dari radikal bebas – bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti kanker, bahan kimia seperti ini terbentuk selama pencernaan atau setelah terpapar racun.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam “Penelitian Kanker” menunjukkan bahwa salah satu senyawa ini, yang disebut mengkudu-ppt, menekan konversi sel kultur normal menjadi sel kanker, sementara studi lain yang diterbitkan pada tahun 2003 dalam “Phytotherapy Research” menemukan bahwa senyawa tersebut menekan kanker di 25 persen hingga 45 persen hewan laboratorium dengan tumor.

Pusat kanker melaporkan bahwa uji klinis dengan subyek manusia sedang dilakukan untuk menguji kemungkinan efek anti-kanker mengkudu, tetapi temuan itu belum tersedia pada Januari 2014.