Memahami Pengertian Laporan Laba Rugi

5 (100%) 6 votes

Laporan kinerja laba yang disiapkan untuk manajer bisnis biasanya disebut laporan P&L (untung dan rugi). Laporan-laporan ini dipersiapkan sesering yang dibutuhkan oleh manajer, biasanya bulanan atau triwulanan – bahkan mungkin mingguan di beberapa bisnis.

Laporan Laba Rugi diberikan kepada manajer yang bertanggung jawab atas setiap pusat laba; laporan laba rahasia ini tidak beredar di luar bisnis.

Semua bisnis memasukkan pendapatan dan pengeluaran penjualan dalam laporan P&L internal mereka. Selain itu, sangat sulit untuk menggeneralisasi tentang format dan tingkat detail spesifik yang termasuk dalam laporan P&L, khususnya mengenai bagaimana biaya operasi diungkapkan.

Bisnis yang menjual produk mengurangi biaya pokok penjualan dari pendapatan penjualan, dan kemudian melaporkan margin kotor (juga disebut laba kotor) – baik dalam laporan laba rugi yang dilaporkan secara eksternal maupun dalam laporan P&L internal mereka kepada para manajer. Namun, laporan P&L internal memiliki lebih banyak detail tentang sumber penjualan dan komponen biaya pokok penjualan.

Pelaporan Biaya Operasional Objek Dasar Pengeluaran

conoh laporan laba rugi

Salah satu cara untuk menyajikan pengeluaran operasional dalam laporan P&L pusat laba adalah dengan mendaftarkannya sesuai dengan objek dasar pengeluaran.

Ini berarti bahwa pengeluaran diklasifikasikan menurut apa yang dibeli (objek pengeluaran) – seperti gaji dan upah, komisi yang dibayarkan kepada tenaga penjualan, sewa, depresiasi, biaya pengiriman, pajak real estat, iklan, asuransi, utilitas, perlengkapan kantor, biaya telepon, dan sebagainya.

Untuk melakukan ini, biaya operasi bisnis harus dicatat sedemikian rupa sehingga biaya-biaya ini dapat ditelusuri ke masing-masing dari berbagai pusat laba. Misalnya, gaji karyawan orang yang bekerja di pusat laba tertentu dicatat sebagai milik pusat laba tersebut.

Objek dasar pengeluaran untuk melaporkan biaya operasi kepada manajer pusat laba adalah praktis dan nyaman. Dan informasi ini berguna untuk pengendalian manajemen karena, secara umum, mengendalikan biaya berfokus pada barang-barang tertentu yang dibeli oleh bisnis.

Pelaporan Biaya Operasional Oleh Dasar Perilaku Biaya

Margin adalah jumlah residu setelah semua biaya variabel untuk membuat penjualan dikurangkan dari pendapatan penjualan. Variabel pertama dan terbesar dari biaya penjualan adalah biaya pokok penjualan barang (untuk perusahaan yang menjual produk).

Tetapi sebagian besar bisnis juga memiliki biaya variabel lain yang bergantung pada volume penjualan (jumlah penjualan) atau jumlah dolar penjualan (pendapatan penjualan).

Selain biaya operasi variabel penjualan, sebagian besar bisnis memiliki biaya tetap yang tidak sensitif terhadap aktivitas penjualan dalam jangka pendek. Margin sama dengan laba setelah semua biaya variabel dikurangkan dari pendapatan penjualan tetapi sebelum biaya tetap dikurangkan dari pendapatan penjualan.

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan

Gambar berikut menyajikan Laporan Laba Rugi untuk contoh pusat laba yang mengklasifikasikan pengeluaran operasional berdasarkan bagaimana mereka berperilaku relatif terhadap aktivitas penjualan. Biaya terperinci di bawah setiap judul utama tidak disajikan dalam laporan P&L itu sendiri; sebaliknya, informasi ini disajikan dalam jadwal pendukung yang melengkapi halaman utama laporan P&L.

contoh laporan laba rugi sederhana

Pendekatan dua tingkat ini menyediakan hierarki informasi. Informasi yang paling penting dan penting dimasukkan dalam laporan P&L utama, dalam bentuk ringkasan. Jika waktu mengizinkan, manajer dapat menelusuri informasi yang lebih terperinci dalam jadwal pendukung untuk setiap variabel dan biaya tetap dalam laporan P&L utama.

Informasi tambahan untuk setiap variabel dan biaya tetap disajikan sesuai dengan objek dasar pengeluaran. Misalnya, penyusutan aset tetap pusat laba adalah salah satu dari beberapa item yang tercantum dalam kategori biaya tetap langsung. Jumlah komisi yang dibayarkan kepada tenaga penjualan tercantum dalam kategori pengeluaran berdasarkan pendapatan.

Laporan laba disiapkan sesering yang dibutuhkan oleh manajer, setiap bulan dalam banyak kasus. Laporan P&L sementara dapat merupakan versi singkat dari laporan tahunan.

Tetapi setidaknya setahun sekali, dan lebih disukai lebih sering, manajer harus melihat gambaran lengkap dari semua pengeluaran pusat laba. Ingatlah bahwa contoh ini hanya untuk satu irisan dari total bisnis, yang memiliki pusat laba lainnya masing-masing dengan laporan laba (P&L) sendiri.

Laporan P&L yang ditunjukkan pada gambar termasuk volume penjualan, yang merupakan jumlah total unit produk yang dijual selama periode tersebut. Tentu saja, sistem akuntansi bisnis harus dirancang untuk mengakumulasi informasi volume penjualan untuk laporan P&L dari masing-masing pusat laba.

Berhenti di Laba Operasi

contoh laporan laba rugi perusahaan dagang

Dalam gambar, laporan P&L berakhir di garis pendapatan operasi; itu tidak termasuk beban bunga atau pajak penghasilan. Beban bunga dan beban pajak penghasilan

Tags: