Dari Sekian Banyak Sayuran, Apa Sih Yang Paling Banyak Nutrisinya?

5 (100%) 2 votes

Sayuran yang paling banyak nutrisi – Nggak hanya anak kecil saja kok yang nggak doyan sayuran, orang dewasa juga kalau disuruh pilih makan daging atau sayur pasti langsung pilih daging tanpa babibu. Alasan kebanyakan orang masih malas makan sayur adalah karena cara pengolahanya yang begitu-begitu saja dan rasanya yang cenderung tasteless kalau nggak dibumbui dengan rempah-rempah atau bahkan dimakan dengan daging.

Padahal ada banyak cara mengolah sayuran yang kaya nutrisi jadi lebih enak misalnya dengan melumurinya dengan olive oil, garam, dan lada kemudian dipanggang, dimakan dengan cocolan saus rendah lemak atau cheese fondue, dan cara-cara lainnya yang bisa kamu kreasikan sendiri. Kamu pasti sudah bosan mendapat informasi mengenai betapa kaya nutrisinya sayur-mayur itu dan nggak boleh ditinggalkan bagi diet yang sehat.

Tapi sebenarnya apa saja sih jenis sayuran yang mengandung nutrisi paling tinggi?

  1. Brokoli

Yap, si ijo yang jadi kembarannya bunga kol ini meraih peringkat satu untuk urusan kandungan nutrisi terbanyak yang terdapat pada sayuran. Mulai dari berbagai jenis vitamin, zat antioksidan hingga mineral yang diperlukan oleh tubuh semuanya terkandung dalam sayuran ini.

Beruntunglah karena brokoli gampang didapatkan mulai dari supermarket hingga pasar tradisional dengan harga yang murah. Kamu bisa menikmati brokoli dengan cara ditumis dengan ditambah seafood atau jamur, bisa juga dikukus lalu dimakan untuk camilan sehat dengan cocolan mayonnaise atau keju mozzarella yang dilelehkan. Selain rasanya yang nggak pahit, brokoli ini bisa jadi senjata yang ampuh lho untuk mencegah penyakit kanker berkembang di tubuh kamu.

  1. Kubis brussel

Kubis brussel atau brussel sprout mungkin bukan jenis sayuran yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, tapi bahan makanan ini populer di Eropa.

Bentuknya mirip seperti kobis yang biasa ada di kulkas kamu tapi punya ukuran yang lebih kecil. Sama seperti brokoli, meski ukurannya yang kecil, kandungan nutrisi yang ada di dalamnya bisa menandingi nutrisi brokoli lho. Kubis brussel pas banget untuk membentuk otot sebagai asupan makanan saat kamu melakukan latihan karena kandungan proteinnya lumayan tinggi tapi rendah kalori.

  1. Wortel

Jangan takut dibilang kelinci karena doyan makan wortel karena kandungan nutrisi pada wortel lumayan tinggi lho. Wortel bahkan bisa dikonsumsi dengan disayur, dikukus, atau dijadikan jus yang ditambah dengan madu kalau kamu nggak suka rasa pahit.

Rutin mengkonsumsi wortel bisa membuat penglihatanmu tetap tajam bahkan di saat usia sudah menua. Pakai kacamata atau kontak lens memang kelihatan lebih keren, tapi nggak ada yang lebih keren dibanding mata yang sehat cemerlang. Beberapa kandungan tinggi dalam wortel misalnya vitamin A, C, B kompleks,  betakaroten, senyawa flavonoid, asam folat, dan senyawa antioksidan lainnya yang nggak cuma bagus buat mata tapi juga membangun sistem pertahanan tubuh yang susah ditembus.

  1. Kale

Satu lagi sayuran hijau yang masuk ke dalam kategori superfood alias sumber makanan dengan kandungan nutrisi yang luar biasa. Bentuknya seperti daun selada tapi punya warna hijau yang lebih tua dan banyak dikonmsumsi dalam bentuk salad. Selain wortel, sayuran ini juga bisa menjaga daya penglihatan kamu lho dengan kandungan betakarotennya yang kemudian diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Kale juga merupakan gudangnya vitamin C dan vitamin B kompleks, ditambah dengan tembaga, kalsium, natrium, kalium, zat besi, mangan, dan fosfor . Kalau kamu nggak mau pake dobel kacamata pas nonton film 3D, banyak-banyak makan sayuran dengan vitamin A yang tinggi.